Peranan Psikologi Kesehatan dalam Kesehatan Masyarakat

Psikologi Kesehatan mengkaji suatu proses interpersonal yang dapat menimbulkan perubahan pada beliefs, perasaan, atau perilaku orang lain yang sering disebut dengan pengaruh sosial atau Social Influence. Ada 3 tipe dari Social Influence, yang pertama adalah Conformity atau dapat diartikan sebagai tahap penyesuaian diri atau proses dalam menegakkan keadaan yang harmonis antara lingkungan fisik dan juga lingkungan sosial. Bentuk dari conformity ini ada 2, yaitu dalam bentuk nyata dan bentuk tidak nyata. Bentuk conformity yang tidak nyata adalah seseorang melakukan namun ia tak secara langsung diperintah, sedangkan untuk conformity nyata adalah seseorang yang melakukan sesuatu karena adanya perintah atau informasi dari luar.

Aplikasi dalam bidang kesmas ini sendiri yang menyangkut materi conformity tersebut adalah bahwa seseorang melakukan suatu konformitas karena ia ingin diterima dilingkungan sosialnya tersebut. Misal dalam suatu wilayah X telah diberlakukan pola hidup yang bersih dan sehat, maka seseorang yang berada dalam lingkungan X tersebut akan menampilkan perilaku yang bersih dan sehat juga agar ia diterima dalam lingkungan tsb. Maka dari itu, peran konformitas itu sendiri dalam kesmas adalah untuk menyebarkan/influencing perilaku2 hdup bersih dan sehat melalui norma sosial ataupun informasi lain yang berasal dari luar untuk kemudian dapat diperlihatkan oleh masyarakat dalam suatu daerah ttntu.

Konformitas tidak akan pernah lepas dari adanya suatu norma sosial. Bisa dipastikan bahwa suatu konformitas itu dibentuk karena adanya suatu keharusan untuk memenuhi norma sosial yang ada. Norma sosial secara normatif ada dua cabang, yaitu yang berasal dari masukan orang lain dan kekuatan dari norma itu sendiri.

Konformitas memang penting dalam pengaruhnya terhadap sosial masyarakat. Namun, konformitas juga dapat menyebabkan pengaruh buruk jika seseorang tidak dapat memenuhi tuntutan dari masyarakat, dan mungkin ia akan menjadi bagian minoritas yang mungkin tidak memiliki informasi baru yang dapat meyakinkan masyarakat. Hal-hal yang mungkin terjadi jika seseorang tidak mampu melakukan pemenuhan terhadap konformitasnya, adalah kecemasan (anxiety) yang dapat menimbulkan dilema , frustasi terhadap keadaannya sendiri, dan juga konflik yang mungkin akan terjadi dlm dirinya sendiri. Ketiga hal tersebut tentu bukan merupakan faktor yang baik untuk kesehatan psikologi kita. Maka konformitas akan menjadi hal yang tidak membuat nyaman beberapa orang. Namun setidaknya hal ini tidak mengubah persepsi dari conformity yang merupakan modifikasi perilaku dengan menyamakan diri dari tekanan luar.

Social influence yang selanjutnya adalah tentang compliance yang merupakan perilaku yang terjadi sebagai respon terhadap permintaan langsung yang berasal dari pihak lain. Complience ini memiliki dua cabang, yakni yang pertama adalah FITD dan DITF. Secara umum, menurut saya sendiri Compliance ini merupakan bentuk rasa untuk menuruti suatu instruksi dari orang lain. Misal dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat yang menggunakan fasilitas parkir, saat ia akan meletakkan kendaraan atau mengambil kendaraaan mereka maka si pengendra akan menuruti kemauan dari si tukang parkir tsb saatsi tkang parkir berkata belokkiri, teru-terus. Ini yang dinamakan complience. Dalam kaitannya dengan ilmu kesehatan masyarakat social influence complience ini memegang peranan penting dalam memberikan informasi kesehtan pada masyarakat. Dan diidalam informasi kesehatan tsb diselipkan perintah untuk melakukan kegiatan sehari2 dengan baik dan benar sesuai standar kesehatan.

Complience juga dpt diartikan sbg suatu pemenuhan, dari beberapa artikel yang saya baca, salah satu contoh dari bukti complience adalah adanya jejaring sosial yang berupa twitter.

Author: Marlina G1B011017 Kesmas Unsoed

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s