Kesenjangan dalam Jamkesmas

Pelaksanaan JAMKESMAS di Indonesia belum semuanya dapat berjalan lancar. Masih banyak masyarakat yang belum dapat menikmati maupun layanan ini. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor pendorong maupun penghambat bagi masyarakat dalam menggunakan JAMKESMAS.

Faktor-faktor yang mempengaruhi seorang tidak menggunakan Jamkesmas:

  1. Adanya ketersediaan pelayanan kesehatan yang tidak memadai dan kurang terjangkau. Karena minimnya pelayanan kesehatan yang ada, masyarakat cenderung malas untuk mrnggunakan haknya sebagai pengguna Jamkesmas. Karena hal ini jugalah kepercayaan dari pengguna Jamkesmas berkurang terhadap Pelayanan Kesehatan yang ada, di samping karena sarana dan prasarana yang tidak lengkap juga dikarenakan kurangnya tenaga kesehatan yang ahli dibidangnya.
  2. Adanya persepsi dari masyarakat yang salah dalam memandang permasalahan kesehatan. Maksudnya disini adalah bahwa masyarakat berpendapat jika keberadaan Jamkesmas hanya untuk keperluan berobat saja. Jadi masyarakat tidak mengurus Jamkesmas dikarenakan mereka beranggapan tidak sakit maka tidak perlu memakai Jamkesmas, padahal Jamkesmas bisa juga digunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan atau untuk mengecek kinerja tubuh kita.
  3. Adanya birokrasi yang terlalu panjang dan lama. Karena terkadang di beberapa alur pengurusan Jamkesmas, ada tahapan tertentu yang dibuat dan diurus terlalu lama semisal pada saat survey dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.
  4. Adanya ulah-ulah kurang bermoral dari instansi kesehatan tertentu yang kadang tidak mau menerima Jamkesmas sebagai salah satu alat untuk meringankan beban biaya pasien yang memakai Jamkesmas.                                                                                                                                            Selain faktor-faktor di atas, adapula faktor yang mempengaruhi masyarakat tidak dapat menikmati layanan. Menurut responden salah satu warga sekitar bahwa terjadi kecurangan terhadap pendataan masyarakat yang bisa mendapatkan layanan JAMKESMAS. Perangkat masyarakat disekitar puskesmas Purwokerto Selatan melakukan kecurangan, dimana ia lebih mementingkan kerabat dekat untuk mendapatkan layanan tersebut di bandingkan masyarakat yang benar-benar berhak mendapatkannya. Hal ini sangat merugikan masyarakat yang tidak terdaftar dan hal ini pulalah yang dapat mengurangi derajat kesehatan masyarakat.

Meskipun ada sebagian masyarakat yang enggan untuk menggunakan Jamkesmas, namun ada pula yang masih sadar dan tetap menggunakan haknya dalam memanfaatkan fasilitas Kesehatan dari Pemerintah yang berupa Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Dan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya yaitu:

  1. Adanya tingkat kesadaran individu yang tinggi mengenai Kesahatan dirinya dan lingkungan.
  2. Adanya penerangan atau sosialisasi dari pihak atau instasi Kesehatan yang ada dalam lingkup masyarakat tersebut.
  3. Merasakan dengan adanya program ini dapat sedikit meringankan beban dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dari faktor-faktor di atas, masih diharapkan agar program ini dapat berjalan dan memberikan kontribusinya bagi masyarakat. Harapan dari masyarakat agar pelayanan yang diberikan dapat maksimal sehingga masyarakat merasa nyaman terhadap jaminan kesehatannya, prosedur yang diberikan tidaklah menyulitkan masyarakat dan kejujuran serta keadilan dari para aparat masyarakat agar layanan ini benar-benar diterima oleh masyarakat yang membutuhkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s