Poeple Empowerment

Menurut DEPKES (2007), pemberdayaan masyarakat (di bidang kesehatan) adalah upaya menumbuhkan masyarakat agar mereka mempunyai daya atau kekuatan untuk hidup mandiri. Upaya pemberdayaan tersebut dilakukan dengan menumbuhkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup sehat, disertai dengan pengembangan iklim yang mendukung. Upaya tersebut dilakukan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat sesuai dengan keadaan, masalah, dan potensi setempat. Dengan demikian, pemberdayaan masyarakat adalah proses, sedangkan output-nya adalah kemandirian mayarakat. Kemandirian masyarakat di bidang kesehatan tersebut berarti bahwa mayarakat dapat mengenali tingkat kesehatan dan masalah kesehatan mereka, merencanakan dan mengatasinya, memelihara, meningkatkan dan melindungi.

Tujuan Umum

Masyarakat mampu mengenali, memelihara, melindungi, dan meningkatkan kualitas kesehatannya, termasuk jika sakit, dapat memperoleh pelayanan kesehatan tanpa mengalami kesulitan dalam pembiayaannya.

Tujuan Khusus

  1. Memahami dan menyadari pentingnya kesehatan
  2. Memiliki ketrampilan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya.
  3. Memiliki kemudahan untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungannya.
  4. Berupaya bersama (bergotong-royong) menjaga dan meningkatkan kesehatan lingkungannya.
  5. Sasaran dan Pelaku Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat adalah kegiatan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Oleh karena itu, batas antara sasaran dan pelaku pemberdayaan masyarakat sangat tipis sehingga dapat dikatakan bahwa sasaran pemberdayaan adalah sekaligus juga pelaku pemberdayaan mayarakat. Sasaran sebenarnya pemberdayaan masyarakat adalah perorangan, keluarga, dan mayarakat secara umum. Meskipun demikian, pemberdayaan ditunjukan langsung kepada masyarakat sebagai sasaran primer.

Pemberdayaan tersebut dilakukan melalui kelompok-kelompok potensial di masyarakat, karena mereka merupakan pelaku pemberdayaan masyarakat, selain dari unsur masyarakat dan orang-orang yang peduli terhadap kesehatan masyarakat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s